Spesifikasi Router

Situs Pembantu Pembelajaran TKJ SMK Negeri 1 Kedungwuni

Spesifikasi Router

April 20, 2020 KJD TUGAS X TKJ1 4

Router

• Pengertian
Router adalah perangkat keras dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet dari satu perangkat komputer ke perangkat lain, dimana proses tersebut disebut dengan routing. Router yang dimiliki memiliki fasilitas DHCP (Konfigurasi Konfigurasi Host Dinamis) yang dapat disetting Dihasilkan sehinga dapat membagi alamat IP. Selain itu, pada router juga terdapat NAT (Network Address Translator) yaitu fasilitas yang memungkinkan alamat IP atau koneksi internet dapat di-sharing ke alamat IP yang lain.

• Fungsi
Fungsi utama dari setiap router adalah untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih agar dapat menghubungkan paket data dari satu jaringan ke jaringan lain.Secara lengkap, adapun beberapa fungsi router adalah sebagai berikut:

1. Router digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga pengguna dapat menyediakan paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Proses koneksi tersebut dengan mengkonversikan alamat IP ke setiap komputer dalam jaringan, baik secara statistik melalui DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol).

2. Fungsi router selanjutnya adalah untuk mentransmisikan informasi atau data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain seperti sistem yang mirip dengan Jembatan (jembatan jaringan).

3. Fungsi router yang lain adalah untuk menghubungkan jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan router DSL.

• Jenis-Jenis
I. Berdasarkan Pengaplikasiannya

1. Router Aplikasi, yaitu suatu aplikasi yang dapat diinstal oleh user pada sistem operasi komputer sehingga sistem operasi komputer tersebut dapat bekerja layaknya router. Beberapa aplikasinya diantaranya;
• Wingate
• WinProxy
• Winroute
• Spygate
2. Router Hardware, yaitu hardware yang mempunyai kemampuan seperti router. Dengan kemampuan tersebut, hardware ini dapat digunakan untuk;
• Membagi alamat IP (IP address)
• Membagi jaringan internet di suatu wilayah, misalnya router sebagai acces point dan wilayah yang mendapat IP address dan Koneksi
• si internet disebut Hot Spot Area.
3. Router PC, yaitu suatu komputer dengan spesifikasi tinggi yang dimodifikasi sehingga dapat berfungsi sebagai router. Beberapa spesifikasi minimum yang harus ada pada komputer tersebut yaitu;
• Prosessor Pentium II dengan hard drive 10 GB dan RAM 64.
• Terdapat LAN Card.
• Sistem operasi khusus router PC, Mikrotik.

II. Berdasarkan Mekanismenya

1. Router Statis, yaitu router yang mampu untuk melakukan proses routing (penghalaan) dari suatu jaringan dimana prosesnya dilakukan secara manual oleh seorang administrator.

2. Router Dinamis, yaitu router yang dapat melakukan proses routing (penghalaan) dapat berjalan secara otomatis dan dinamis setelah melalui pengaturan oleh seorang administrator jaringan.

3. Router Wireless, yaitu router yang dapat bekerja tanpa menggunakan kabel karena hanya mengandalkan media udara untuk mengirimkan paket data.

• Cara Kerja

Seperti yang telah dijelaskan di atas, fungsi router adalah Untuk Menghubungkan
an beberapa jaringan dan memfasilitasi transmisi antar jaringan tersebut. Dalam hal ini, router membutuhkan setidaknya dua kartu jaringan atau NIC (Network Interface Car) yang dipasang pada setiap jaringan.

Berikut ini adalah contoh gambar dimana ada dua jaringan yang dihubungkan oleh router.

Pada gambar di atas terdapat dua jaringan dengan satu router yang sangat sederhana dan mudah untuk dikonfigurasi . Untuk jaringan yang besar dan kompleks tentunya pengaturan akan berbeda dan lebih rumit. Jika ingin mengerti lebih jelasnya bisa melihat video ini: https://youtu.be/kQPfotBHGFQ

• Cara Mengoptimalkan penggunaan Router
Berikut ini 8 Tips untuk mengoptimalkan router Wifi guna mendapatkan koneksi Internet yang lebih cepat dan lebih stabil :
1. Menggunakan Powerline Adapter.
2. Mencari spot optimal untuk Router.
3. Posisi antena untuk router yang memiliki 2 antena atau lebih.
4. Menggunakan Aluminium Foil.
5. Menggunakan Wifi Extender.
6. Menginstall DD-WRT Firmware.
7. Menyingkirkan benda-benda yang bisa dipindahkan router
8. Reboot Router secara teratur.
Atau jika ingin mengerti lebih jelas, kalian bisa menonton video ini: https://youtu.be/kQPfotBHGFQ

Nb: Berikut tautan video yang bisa dilihat lengkap tentang router di dalam komputer https://youtu.be/I-GQM2SrIz8

 

Materi yang belum saya kuasai pada BAB 6 Permasalahan instalasi perangkat lunak aplikasi

4 Responses

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. These are actually great ideas in concerning blogging.

  3. These are actually great ideas in concerning blogging.

  4. Claudia Clement says:

    Hi, We are wondering if you would be interested in our service, where we can provide you with a dofollow link from Amazon (DA 96) back to tekajeoke.com?

    The price is just $87 per link, via Paypal.

    To explain what DA is and the benefit for your website, along with a sample of an existing link, please read here: https://justpaste.it/4fnds

    If you’d be interested in learning more, reply to this email but please make sure you include the word INTERESTED in the subject line field.

    Kind Regards,
    Claudia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *