SISTEM KEAMANAN KAMAR KOS DENGAN PERINGATAN ALARM DAN SMS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMega32

Situs Pembantu Pembelajaran TKJ SMK Negeri 1 Kedungwuni

SISTEM KEAMANAN KAMAR KOS DENGAN PERINGATAN ALARM DAN SMS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMega32

January 20, 2020 Mikrokontroler TUGAS X TKJ1 0

SISTEM KEAMANAN KAMAR KOS DENGAN PERINGATAN ALARM DAN SMS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMega32

Semakin maraknya pencurian di lingkungan kos mahasiswa yang disebabkan minimnya penerapan sistem keamanan modern, membuat para mahasiswa yang tinggal di rumah kos tidak tenang. Diperlukan sebuah alat yang berfungsi sebagai sistem keamanan, yang dapat memberikan peringatan bahaya melalui fasilitas Short Message Service (SMS) dan juga berupa bel alarm.

Dikembangkanlah sebuah sistem keamanan yang dapat memberikan peringatan seperti yang telah dijelaskan di atas. ini menggunakan sensor gerak Passive Infrared Receiver (PIR) untuk mendeteksi adanya gerakan di dalam kamar kos dengan kondisi sistem keamanan. Mikrokontroler akan mengolah sinyal dari sensor kemudian membunyikan buzzer, menyalakan LED, dan mengirim perintah ke modem GSM untuk melakukan pengiriman SMS peringatan, sesuai dengan kamar yang dalam keadaan bahaya ke nomor telepon seluler tertentu.

Admin memiliki hak melakukan pengaturan pada sistem keamanan kamar kos masing-masing yang dijaga keamanannya menggunakan sistem yang telah ditanamkan. Hal yang dapat dilakukan admin antara lain, mengatur kondisi sistem keamanan kamar, mengatur kombinasi, serta mengatur nomor telepon tujuan pengiriman SMS peringatan bahaya. Penggunaan sistem keamanan ini dapat meningkatkan keamanan kamar kos mahasiswa dengan cara memberikan peringatan berupa alarm dan pengiriman SMS ke dua nomor telepon seluler. keamanan masing-masing kamar dapat dikelola secara mandiri oleh penghuni kamar kos menggunakan fasilitas user admin yang dilengkapi dengan sistem.

Informasi kean sistem keamanan setiap kamar akan ditampilkan pada LCD 4×6. Kata kunci: LCD 4×6, Mikrokontroler ATMega32, Modem GSM, PIR, Short Message Service.. PENDAHULUAN Tindak kejahatan pencurian di lingkungan kos mahasiswa akhir-akhir ini semakin sering terjadi ketika kamar kos tak berpenghuni karena ditinggal pergi oleh penghuninya. Para pencuri memanfaatkan momen tersebut karena mereka dapat menjalankan aksinya, mereka dapat mengambil barang barang berharga yang ada di dalam tanpa diketahui.

Jika kamar kos tersebut tidak memiliki suatu sistem keamanan tertentu atau hanya dikunci menggunakan gembok biasa saja, pencuri masih bisa membobolnya. Hal tersebut membuat penghuni kamar kos tidak bisa tenang ketika meninggalkan hunian mereka, meskipun kamar kos sudah dikunci rapat atau bahkan digembok sekalipun. Sebuah sistem keamanan kamar kos menggunakan sensor gerak dirancang untuk mengatasi permasalahan di atas. keamanan tersebut nantinya dapat memberikan sebuah peringatan berupa bel alarm dan peringatan melalui Short Message Service (SMS) yang dikirim ke nomor telepon seluler tertentu (admin) jika di dalam kamar kos terdapat tindak pencurian, sehingga penghuni kamar kos dapat mengetahui situasi huniannya apakah aman atau tidak pada saat mereka bepergian dan dapat melakukan tindakan tercepat ketika huniannya dalam bahaya.

Penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan topik pembahasan dan dijadikan bahan untuk melakukan pengembangan penelitian adalah sebagai berikut: Pertama oleh Rudi Listio (2003) dengan judul Tugas Akhir Alarm Keamanan Menggunakan Sensor Pasif Infra Red (PIR) Berbasis Mikrokontroler 803. Pada tugas akhir ini dijelaskan sebuah sistem keamanan ruang pada gedung atau rumah yang menggunakan sensor Pasif Infra Red (PIR) untuk mengenali objek dengan mendeteksi suhu. Ketika sensor mendeteksi objek, maka sensor akan menghasilkan sinyal keluaran yang kemudian diteruskan ke mikrokontroler untuk diolah. Jika sinyal yang diterima

Keamanan Kamar Kos Dengan Peringatan Alarm dan SMS Berbasis Mikrokontroler ATMega32 mikrokontroler sesuai dengan pengaturan yang ditentukan, maka mikrokontroler akan membunyikan alarm dan menampilkan pemberitahuan ke LCD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *