Alat Sablon Kaleng Otomatis dengan Mikrokontroller AT89s51

Situs Pembantu Pembelajaran TKJ SMK Negeri 1 Kedungwuni

Alat Sablon Kaleng Otomatis dengan Mikrokontroller AT89s51

January 19, 2020 Mikrokontroler Sistem Komputer TUGAS X TKJ2 0

Alat Sablon Kaleng Otomatis dengan Mikrokontroller AT89s51

 

Alat sablon pelat ini terdiri atas tiga bagian. Yaitu, penampung pelat, bidang sablon sebagai tempat proses penyablonan, dan konveyor akhir. Alat sablon pelat ini menggunakan peralatan sama pada proses sablon manual. Hanya, proses penyablonan dilakukan secara otomatis menggunakan mikrokontroler AT89S51.

CARA KERJA ALAT SABLON OTOMATIS:

  • Sebelum menggunakan alat ini, kita harus menyiapkan screen sablon.
  • Harusdibuat secara manual. Kita desain gambar maupun tulisan yang diinginkan dengan komputer. Setelah itu, kita print desain itu ke kertas kalkir ataupun kertas transparan.
  • Setelah kalkir siap, kita bisa meletakkannya pada kain screen manual. Tapi, sebelum meletakkan kertas kalkir, harus dioleskan cairan anticahaya pada screen. Ini berguna agar desain kita dapat melekat pada screen.
  • Setelah semua siap, tinggal kita pasang screen pada alat sablon otomatis tersebut. Alat sablon ini dilengkapi tombol start dan stop. Ketika tombol start ditekan, pelat akan menggerakkan rol sehingga mengeluarkan pelat dari penampung menuju ke bidang sablon.
  • Untuk membatasi pelat agar tepat pada posisi yang diinginkan, dibuatlah jalur pelat. Pelat akan bergerak di bawah screen sablon sampai mencapai posisi yang diinginkan.
  • Ketika berada di atas sensor infra red (posisi ada di bawah screen sablon), pelat akan berhenti. Solenoid DC (posisi ada di bawah screen sablon) akan aktif/turun. Ini dilakukan agar pada saat penyablonan, screen sablon tidak rusak atau sobek karena terkena pembatas pelat (solenoid DC).
  • Ketika posisi pelat sesuai di posisi yang diinginkan, motor penuang cat akan aktif menggerakkan penuang cat dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Serta diikuti aktifnya solenoid valve untuk membuka cat. Cat akan tertuang ke atas screen sablon secara merata dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
  • Setelah cat tertuang, motor pendorong rakel akan aktif. Fungsinya, menyapukan cat dari atas screen sablon ke pelat. Setelah melakukan penyablonan, pelat yang sudah tersablon akan kembali bergerak menuju konveyor akhir.
  • Begitu seterusnya hingga jumlah kaleng yang akan kita sablon habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *